Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Bikin Sambal Kacang Pentol

Nurul HidayahNurulh1dayah.com - Cara Bikin Sambal Kacang Pentol sangat cocok bagi Anda yang suka makan pentol. Rasa pentol yang gurih dan ditambahi dengan sambal kacang pedas akan terasa jauh lebih nikmat dan endees. Anda bisa menyajikanya untuk keluarga tercinta sebagai cemilan.

Selain dibuat untuk tambahan bumbu pelengkap pentol solet, sambal kacang juga bisa disajikan dengan batagor atau cilok. Perpaduan rasa yang pas inilah yang membuat banyak orang menggemari sambal ini sebagai tambahan bumbu pelengkap pentol, cilok dan batagor.


Dari anak kecil hingga para orang tuapun banyak yang menyukai sambal ini. Namun jika untuk level anak-anak sebaiknya tidak usah pakai cabe rawit ya agar rasa pedasnya tidak terlalu pedas. Yuuk simak Cara Bikin Sambal Kacang Pentol berikut ini:

Sambal Kacang Pentol

Bumbu yang dihaluskan yaitu:
1. Kacang tanah 1 genggam, goreng
2. Cabe merah besar 1 buah, potong-potong
3. 2 siung bawang putih, goreng
4. Cabe rawit 12 buah (bisa diskip jika tidak terlalu suka rasa pedas) atau sesuai selera
5. Gula merah 2 sendok makan
6. Saos tomat instan 3 sendok makan, jika suka saos bisa ditambahi sesuai selera
7. Garam sejumput
8. Air secukupnya

Cara membuat sambal kacang pentol:
1. Adapun cara membuatnya yaitu goreng kacang tanah dan bawang putih terlebih dahulu.
2. Kemudian campurkan semua bahan dan haluskan dengan menggunakan blender hingga benar-benar halus.
3. Setelah halus, taruh di mangkok kecil dan siap dihidangkan beserta pentol daging sapi.

Cara Bikin Sambal Kacang Pentol yang simple bisa Anda praktekkan di rumah ya. Meskipun cara membuatnya simple, namun untuk rasanya jangan dragukan lagi. Belum tahu resep pentol yang enak? Baca juga resep  Cara Membuat Pentol Daging Empuk, Kenyal dan Enak juga ya. Selamat mencoba!


Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Cara Bikin Sambal Kacang Pentol"